Rabu, 11 September 2019

Belajar Pemrograman Menggunakan Bahasa Java

TUTORIAL MELAKUKAN PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN BAHASA JAVA

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit tutorial kepada Anda untuk belajar melakukan pemrograman bagi yang masih pemula. Kali ini, saya akan menggunakan bahasa Java. Sedikit informasi, bahasa Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang digunakan di dunia IT. Bahasa Java sering sekali digunakan untuk pengembangan aplikasi.

Terdapat banyak sekali compiler yang bisa digunakan untuk melakukan pemrograman dengan bahasa Java. Namun, untuk tutorial kali ini saya akan menggunakan BlueJ sebagai compiler. BlueJ ini merupakan software yang menyediakan pemvisualan dari struktur kelas dengan diagram UML (Unified Modelling Language) sebagai sarana perancangan sistem berorientasi objek.

Tutorial kali ini akan menunjukkan cara melakukan pemrograman yang akan memunculkan tulisan "Hello World" dan profil diri. Simak langkah-langkah berikut!

1. Install aplikasi BlueJ. Jika sudah, buka aplikasinya, lalu akan muncul seperti ini

2. Buat New Project. Untuk membuat new project, klik button New Class yang berada di sebelah kiri atas untuk menambahkan suatu class pada project kita. Untuk cara lainnya, kita bisa mengakses New Class dengan cara klik menu Edit -> New Class. Bisa juga dengan cara klik tombol pada keyboard : CTRL + N. Tampilannya adalah sebagai berikut.

3. Buat New class
Setelah Project terbentuk, kita harus membuat class. Untuk membuat class baru, pilih bagian New Class. Lalu kita membuat dua class  yaitu HelloWorld dan DataDiri


Kedua class ini akan saling berkaitan, sehingga akan diberi tanda panah antar UML.

4. Pemrograman
Ketika akan memulai pemrograman, klik dua kali pada setiap class, sehingga akan muncul seperti ini


Lalu, ketikkan program yang kita inginkan

Untuk Helloworld.java

 Untuk DataDiri.java


5. Compile Program dan Jalankan Program
Setelah kita membuat program, maka kita harus melakukan compile pada masing-masing class agar mengetahui terdapat error atau tidak pada hasil program kita. Setelah itu, class ditutup, lalu muncul seperti ini
Lalu, pada menu utama BlueJ, klik kanan pada icon HelloWorld lalu pilih void main(args)

Lalu, akan muncul kotak di bawah. Kemudian klik OK
Lalu, hasilnya akan muncul seperti ini

Sekian tutorial untuk kali ini. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar